Monday, 23 January 2017

Cara masak daun singkong agar empuk dan tidak pahit


Daun singkong termasuk sayuran bergizi tinggi dan pastinya nikmat apabila kita tahu trik mengolahnya. Sayangnya, tidak semua wanita berhasil mengolah sayur daun singkong dengan baik sehingga hasilnya menjadi kurang sempurna, misalnya : warnanya tidak hijau, keras, dan pahit. Padahal bisa kita lihat, betapa daun singkong bisa disulap menjadi aneka hidangan yang lezat dan menggugah selera sebagaimana bisa kita temukan dalam rumah makan Padang. Selain itu, mungkin kita bisa menemukan aneka kreasi olahan daun singkong yang sangat nikmat, misalnya : tumis daun singkong, bobor daun singkong, lodeh daun singkong, gulai daun singkong, dan lain sebagainya.



Untuk bisa mendapatkan olahan daun singkong yang empuk, berwarna hijau menggoda dan tidak pahit, sebaiknya simak trik dan cara memasak daun singkong berikut ini :

•    Pilih daun singkong yang muda

Agar daun singkong lebih cepat empuk dna tidak pahit, pastikan Anda menyiangi daun yang masih muda saja. Daun yang tua tidak hanya lama empuknya, tapi rasanya juga pahit.

•    Masukkan saat air mendidih

Agar hasil rebusan lebih cepat empuk dan berwarna hijau, pastikan Anda memasukkan daun singkong pada saat air rebusan sudah mendidih.

•    Biarkan tutup panci tetap terbuka

Setelah memasukkan daun singkong, biarkan tutupnya tetap terbuka agar hasil rebusan tidak berubah warna kecoklatan. Panci terbuka akan membuat asam yang terbentuk selama perebusan menguap dan tidak bercampur dengan air rebusan sehingga hasilnya, daun singkong akan terjaga keindahan warnanya.

•    Tambahkan garam secukupnya

Penambahan garam dapat membantu Anda mendapatkan warna asli sayur daun singkong yang hijau.

•    Tambahkan sendok atau garpu

Cara lain agar daun singkong cepat empuk adalah dnegan memasukkan sendok atau garpu pada air rebusan daun singkong. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan suhu air perebus sehingga daun singkong lebih cepat empuk.

•    Peras airnya

Untuk mengurangi rasa pahit daun singkong, Anda bisa memerasnya beberapa kali setelah proses perebusan. Baru setelah itu, Anda bisa mengolahnya menjadi hidangan yang lezat dan menggugah selera.

•    Hindari menambahkan bahan-bahan tertentu

Ada beberapa pendapat yang menyebutkan agar daun singkong bisa empuk, berwarna hijau dan tidak pahit, maka kita bisa menambahkan soda kue, obat puli atau yang lainnya. Penggunaan soda kue akan menciptakan kondisi alkaline tinggi sehingga merusak nutrisi dalam daun singkong, mislanya : serat pectin, klorofil, zat besi, kalsium, dan antioksidannya. Sementara itu, obat puli atau bleng adalah BORAX dalam bentuk lain yang sebenarnya dilarang digunakan dalam makanan karena dapat membahayakan kesehatan.

Ternyata ada banyak cara salah yang dilakukan para wanita saat merebus daun singkong. Semoga informasi yang berjudul Cara Masak Daun Singkong Agar Warnanya Cantik, Empuk, dan Tidak Pahit diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Artikel Terkait

Seorang Pengangguran Yang Ingin Berkarya Dengan Cara Menulis Di Blog

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten. Komentar yang tidak diperbolehkan :
1. Berbau penghinaan SARA
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan
EmoticonEmoticon