Saturday, 21 January 2017

Kehidupan di pelosok kota indramayu

Nah ketemu lagi sama saya seorang pengangguran yang mempunyai hobi menulis dan membuat artikel di Blogger ya mau apa lagi orang pengangguran hehehe kali ini saya akan menceritakan kehidupan di daerah pelosok indramayu di kecamatan gabus wetan desa kali Kulon kalau di bilang pelosok sih ngga ngga terlalu pelosok ya tapi di daerah ini kegiatan adat masih di pakai.

Prioritas pekerjaan di daerah ini seperti petani

Waktu sekarang ini petani lagi pusing untuk mencari kebutuhan pokok sehari-hari kenapa?  Karena sekarang ini waktunya menanam padi petani di sini mempunyai pekerjaan hanya waktu memotong padi atau berpanen. Masyarakat di daerah ini sekarang kebanyakan cuma duduk-duduk di depan rumah heheh nganggur lagi sama kaya saya saat ini.

 Tapi lelaki di daerah ini mengisi waktu kosong nya dengan mancing di kali yang ada di perbatasan desa dan bisa juga sampai luar desa seperti di Desa cidongkol,eretan yah di mana saja lah yang ada ikan untuk mengisi waktu kosong dan untuk di jadikan lawuk untuk makan.

Ada juga pekerjaan selain bertani yaitu di sebut nukang atau bekerja seperti membangun rumah, renopasi rumah tapi kan tidak tau pasti kapan ada orang yang mau membangun rumah atau renov rumah kalau tidak ada yang membangun rumah mau gimana lagi iya pasti nganggur atau mancing lagi

Adat di daerah Indramayu
Nah ini salah satunya adat yang masih aktif yang dinamai adat (obrog) kalau anda orang Indramayu anda pasti tidak kaget dengan kegiatan ini,kegiatan obrog tersebut di lakukan waktu menjelang idul fitri tidak hari H waktu idul fitri sih tapi 2 minggu sebelum idul fitri.
Kegiatan ini di lakukan berkeliling desa kedesa.

Nama obrog pula di ambil dari bunyi suara alat musik yang di gunakan seperti kendang, tidak tahu pasti kapan kesenian ini tercipta yang pasti sudah ada dari jaman dahulu
Dan kesenian ini bisa juga di lakukan waktu menjelang sahur untuk bergegas menyiapkan makanan untuk sahur tapi sekarang sudah jarang kesenian ini di lakukan waktu sahur.

Artikel Terkait

Seorang Pengangguran Yang Ingin Berkarya Dengan Cara Menulis Di Blog

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten. Komentar yang tidak diperbolehkan :
1. Berbau penghinaan SARA
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan
EmoticonEmoticon