Makanan penurun kolesterol



Menurunkan kolesterol tinggi sangat penting untuk kesehatan sudah banyak jenis-jenis obat kolesterol tersebut sudah berbagai tarian seperti obat kolesterol tradisional, obat kolesterol alami, obat kolesterol herbal tapi kali ini saya tidak menjelaskan tentang obat-obatan tersebut  karena saya akan menjelaskan tentang makanan penurun kolesterol.

Ini dia makanan penurun kolesterol yaitu.

1. Lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda Lemak (Minyak Zaitun, Canola Oil, Minyak Kacang, Kacang, Zaitun, Alpokat)
Kolesterol Pengurangan : 18%

Mengganti lemak jenuh hewani dan makanan berkolesterol tinggi lainnya dengan lemak sehat seperti minyak zaitun, minyak canola, minyak kacang, dan alpukat adalah hal yang paling baik yang dapat dilakukan untuk mencapai pengurangan drastis dalam kolesterol LDL Anda. Secara khusus diet tinggi zaitun dan minyak bunga matahari, mengandung 12,9% lemak jenuh, 15,1% lemak tak jenuh tunggal, dan 7,9% lemak tak jenuh ganda. Sehingga dapat mencapai pengurangan 18% kolesterol LDL pada orang gemuk.

2. Bran (Oat, Beras)
Kolesterol Pengurangan : 7-14%

Bran, khususnya oat bran, telah terbukti efektif dalam menurunkan kadar kolesterol LDL. Tambahkan bubuk sereal panas dan roti. Juga, makan seluruh oatmeal setiap pagi, atau beralih ke produk keseluruhan seperti beras merah. Kerena dapat membantu Anda mendapatkan lebih banyak menurunkan angka kolesterol Anda. Klik untuk melihat fakta-fakta nutrisi lengkap untuk Bran.

3. Biji Rami(Flax Seed)
Kolesterol Pengurangan : 8-14%

Mengkonsumsi 50 gram biji rami setiap hari telah terbukti menurunkan kolesterol LDL pada orang dewasa muda yang sehat hingga 8%, dan 38 gram biji rami per hari mengurangi kolesterol LDL sebesar 14% pada orang dengan kolesterol tinggi (hiperkolesterolemia). Biji rami sangat mudah dimasukkan dalam makanan yang dipanggang, serta ditambahkan ke sereal panas seperti oatmeal.

4. Bawang Putih
Kolesterol Pengurangan : 9-12%

Penelitian telah menunjukkan bahwa sekitar 900mg dari bawang putih mentah setiap hari dapat menurunkan kolesterol sebesar 9-12%. Bawang putih mentah adalah bahan yang terbaik dan dapat ditambahkan ke salad dressing minyak zaitun, atau sebagai hiasan pada sup dan sandwich.

5. Almond
Kolesterol Pengurangan : 7-10%

Beberapa penelitian melaporkan bahwa makan sampai setengah cangkir almond dapat menurunkan kadar kolesterol hingga 10%. Dalam sebuah studi lain pada dosis tertentu ditemukan bahwa seperempat cangkir almond mengurangi kolesterol sebesar 5% dan setengah cangkir menyebabkan pengurangan sebesar 10%. Namun karena almond adalah makanan berkalori tinggi, tidak dianjurkan bahwa Anda makan lebih dari setengah cangkir. Almond yang besar sebagai camilan, atau sebagai tambahan untuk sarapan sereal seperti oatmeal.

6. Makanan Kaya Likopen
Kolesterol Pengurangan : 0-17%

Likopen merupakan pigmen karotenoid yang bertanggung jawab untuk memberikan buah-buahan dan sayuran berwarna merah. Zat ini banyak ditemukan pada tomat, semangka, dan berbagai makanan lycopene tinggi lainnya. Beberapa studi melaporkan pengurangan 10-17%. Liikopen juga diduga dapat meningkatkan kesehatan jantung.

7. Kenari dan Pistachio
Kolesterol Pengurangan : 10%

Sejumlah penelitian melaporkan penurunan kolesterol dengan konsumsi kenari atau pistachio. Hal ini memang betul karena lemak dari kacang-kacangan mengganti konsumsi lemak kolesterol tinggi lainnya. Mengkonsumsi sekitar 30 gram kenari, atau kacang-kacangan memiliki sekitar 20-30% dari total asupan kalori yang diperlukan untuk mencapai penurun kolesterol baik.

8. Gandum Barley (jelai)
Kolesterol Pengurangan : 7-10%

Seperti bubuk dari gandum dan beras, barley mengurangi kolesterol, terutama bila digunakan sebagai pengganti makanan. Gandum Barley dapat dengan mudah menggantikan gandum dalam bentuk mie barley, tepung barley, atau seluruh pearl barley.

9. Coklat hitam dan Tanaman Sterol
Kolesterol Pengurangan : 2-5%

Sterol dan flavanol coklat (bukan produk susu coklat) telah terbukti mengurangi kolesterol sebesar 2-5%. Selanjutnya, sterol (pitosterol), ditemukan di semua tanaman, dan terutama minyak nabati seperti minyak jagung dan minyak kedelai telah terbukti menurunkan kolesterol LDL hingga 16%. Namun, penurunan ini karena menghambat penyerapan kolesterol, dan tidak akan memiliki dampak yang besar jika Anda mengkonsumsi sedikit atau tidak ada kolesterol.


10 : Green Tea
Kolesterol Pengurangan : 2-5%

Teh hijau telah lama menjadi kebutuhan pokok di Asia Tenggara di mana diyakini untuk mencuci minyak (lemak) keluar dari tubuh. Studi menunjukkan ini mungkin benar teh hijau dapat menurunkan kolesterol sebesar 2-5%. Teh hijau tanpa gula juga memiliki sedikit kalori (biasanya kurang dari 10) dan dapat membuat pengganti yang besar untuk berbagai minuman.



Akibat kolestero yang sangat tinggi adalah terjadinya inflamasi kronis, dalam permasalahannya kolesterol memiliki kecenderungan untuk mengakibatkan aterosklerosis. Aterosklerosis adalah suatu penyakit akibat adanya inflamasi kronik. yang dimaksudkan dengan inflamasi kronik adalah inflamasi yang terjadi sudah berlangsung lama. Sehingga efek yang dirasakan dan melaporkannya ke dokter anda. dan hasil diagnosa hal tersebut merupakan gejala aterosklerosis ini menunjukkan bahwa inflamasi yang terjadi itu bukanlah hal yang serta merta terjadi tetapi memiliki proses yang panjang. berikut ini penjelasan sederhana terjadinya aterosklerosis.



Pada lingkaran hijau menunjukkan awal sebelum terjadi pembentukan plak pada pembuluh darah

Gambar di atas menunjukkan bahwa Kolesterol LDL akan mengalami oksidasi sehingga kolesterol LDL tersebut tidak dapat kembali masuk kembali ke dalam aliran darah. Dengan kondisi seperti itu, kolesterol yang terdapat pada LDL akan melekat pada sel-sel perusak tersebut dan juga akan menunggu kolesterol-kolesterol lainnya yang lewat untuk melekat pada sel perusak tersebut. Dengan berjalannya proses tersebut terus-menerus akan mengakibatkan pembentukan plak di daerah perlekatan kolesterol-kolesterol tersebut. Plak tersebut akan bercampur dengan protein dan ditutupi oleh sel-sel otot dan kalsium. Hal ini lah yang menjadi cikal bakal aterosklerosis di dalam pembuluh

Keberadaan aterosklerosis merupakan pemicu munculnya Penyakit Jantung Koroner. karena itu jauh sebelum terjadinya pernyakit jantung, berbagai faktor  pencegahan harus telah di jadikan kebiasaan. salah satu faktor resiko secara umum yang sangat berperan penting terhadap kemunculan aterosklerosis adalah masalah dislipidemia dan obesitas.

Yang di atas saya sudah menjelaskan akibat kolesterol dan saya juga akan memberitahukan tanda-tanda kolesterol tinggi yaitu.


1. Sering Kesemutan pada Kaki dan Tangan
Biasanya orang yang memiliki kolesterol tinggi sering mengalami kesemutan pada kaki dan tangan. Rasa kesemutan ini terjadi karena aliran darah yang tidak mencukupi pada syarat kaki dan tangan. Biasanya rasa kesemutan ini terjadi ketika seseorang sedang duduk dalam waktu yang cukup lama atau aktivitas lain yang melibatkan kaki dan tangan. Apabila anda salah satu yang sering mengalami hal ini, anda perlu mewaspadai dan periksalah kadar kolesterol anda di rumah sakit atau dokter keluarga anda.

2. Cepat Pegal-Pegal di bagaian Tangan dan Kaki
Selain kesemutan kaki dan tangan pada pengidap kolesterol tinggi sering merasa pegal-pegal. Rasa pegal ini datang begitu saja meskipun tidak melakukan aktifitas yang berat atau membutuhkan tenaga yang cukup tinggi. Apabila hal ini sering terjadi pada anda makwa waspadai gejala kolesterol tinggi ini.

3. Tengkuk dan Pundak Menjadi Tidak Nyaman
Tanda-tanda kolesterol juga bisa dikenali apabila seseorang sering merasakan berat pada tengkuk tanpa sebab yang pasti. Tengkuk menjadi terasa berat meskipun tidak membawa beban, hal ini juga terjadi di pundak. Pundak akan terasa pegal dan mengakibatkan badan terasa tidak nayaman sama sekali

4. Sering Pusing
Gejala kolesterol selanjutnya adalah seringnya pusing pada bagian belakang kepala. Hal ini terjadi karena terjadinya penyempitan di pembuluh darah yang mengalirkan darah yang mengandung oksigen ke kepala. Bahaya yang timbul jika tidak segera diatasi adalah pecahnya pembuluh darah dan menyebabkan stroke.

5. Cepat Mengantuk
Orang yang sering mengantuk ditengarai memiliki kadar kolesterol yang tinggi, hal ini biasanya terjadi pada orang yang memiliki kadar trigliserida diatas 600 bahkan 700 mg. Kadar trigliserida yang aman itu antara 150 hingga 200 mg, jadi sudah terlampaui banyak sekali. Hal ini sungguh tidak baik untuk kesehatan dan menyebabkan penyempitan lemak jahat di pembuluh darah yang mengalirkan darah ke otak. Jika aliran darah ke otak terganggu maka asupan oksigen tidak mencukupi sehingga seseorang mudah merasa mengantuk dan malas untuk mengerjakan sesuatu.

5. Dada Sebelah Kiri Sering Nyeri
Nyeri pada dada sebelah ini terjadi karena adanya penyempitan pembuluh darah disekitar jantung. Jantung merupakan organ penting untu memompa darah untuk dialirkan keseluruh tubuh. Jika ada penyempitan disekitar jantung maka orang akan merasa seperti tertusuk dibagian dada sebelah kiri. Waspadai gejala kolesterol ini karena bisa menyebabkan gangguan jantung.

Sehat itu mahal harganya sob kesehatan tubuh cuma kita yang bisa jaga bukan orang lain sekian dari saya terima kasih.

4 Responses to "Makanan penurun kolesterol "

  1. wah ortu saya kena ginian nih thanks infonya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan semoga orang tua nya sembuh.

      Delete
  2. Kalau begitu saya mau coba salah satu makanan tersebut gan. Solanya ane sering pusing

    ReplyDelete