Sunday, 22 January 2017

Makanan yang jarang ditemukan khas Indramayu

Siapa yang tidak kenal Indramayu, Indramayu terkenal bukan karena mangganya saja Indramayu juga banyak tempat wisata-wisata yang ngga kalah sama kota kota lain mau tau Tempat wisata di indramayu yang ngga kalah keren Klik Di Sini
Nah sekarang ini saya ana memberitahukan tentang makanan khas Indramayu yang jarang orang ketahui langsung saja kita tengok.

1. Nagasari


Nagasari masih asing di telinga anda kan makanan ini hanya di temukan hari-hari tertentu saja seperti perkawinan, kehitanan, 7 bulan. Kue nagasari ini berisi potongan pisang di dalamnya yang di bungkus daun pisang dan cara masaknya di Kukus.

2. Poci


Ada gula pasti ada semut sama halnya dengan ada nagasari pasti ada poci hehehe. 
Kue poci juga hanya di sajikan di hari tertentu sama seperti kue nagasari, kue poci ini berisi seperti kacang ijo, parutan kelapa yang sudah di sangrai dan poci ini juga di dengan daun pisang tetapi kue poci berbentuk segitiga. 

3. Dongkal


Kue tradisional yang satu ini emang memiliki nama unik. Dipasar-pasar tradisional biasanya banyak yang menjualnya. Keu berbahan tepung beras dan sagu, parutan kelapa dan gula merah. Tanpa gula merah rasanya memang tidak enak seperti hambar. Oleh karena itu, adanya gula merah inilah yang menambah citra rasa sendiri enak di lidah. Dongkal dan kembang pari memiliki rasa yang sama, hanya saja bentuknya yang berbeda.

4. Wajik


Nah seperti yang sudah dijelaskan, wajik kerap dijumpai ketika hajatan dikampung misalnya dalam acara sunatan, rasulan, atau bahkan ketika pernikahan. Wajik terbuat dari bahan dasar ketan, kelapa dan gula merah. Biasanya akan dibungkus dengan kertas minyak yang berwarna-warni. Wajik juga banyak dijual di kios-kios oleh-oleh khas Indramayu.

5. Blencong


6. Jalabiah


Jalabiya adalah salah kue tradisional dari tepung beras ketan dibentuk seperti cincin atau bulat seperti donat. Jalabiya ada dua macam yaitu jalabiya yang terbuat dari ketan hitam dan jalabiya yang terbuat dari ketan putih. Jalabriya juga dicampur dengan gula putih atau gula merah yang menempel langsung pada kuenya. 

7. Bubur gintir


Kue ini terbuat dari tepung beras dan ketan sebagai bahan utamanya. Tepung ketan untuk membuat candil dan tepung beras untuk membuat buburnya. Satu lagi bahan utamanya yaitu santan kelapa dan juga gula merah. Tidak lupa pula daun pandan sebagai penyedap rasanya. Bentuk bubur glintir adalah bulat-bulat. Ketika kita memakannya, pada lapisan pertama tepung beras akan terasa. Kemudian pada lapisan kedua, tepung ketan yang kita makan akan terasa kenyal. Itulah enaknya bubur glintir merasakan sensasi rasa yang berbeda. 

Makanan" di atas masih asing kan di telinga anda kenapa? Karena jarang di jual belikan karena hanya di sajikan hanya hari hari tertentu saja. 

Artikel Terkait

Seorang Pengangguran Yang Ingin Berkarya Dengan Cara Menulis Di Blog

1 komentar so far

Bener banget sudah jarang ditemukan bahkan saya jarang lihat makanan ini saat ke indramyu

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten. Komentar yang tidak diperbolehkan :
1. Berbau penghinaan SARA
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan
EmoticonEmoticon