Tuesday, 31 January 2017

Resep makanan nusantara dan cara membuatnya

 Kumpulan resep makanan khas nusantara atau indonesia yang sangat enak-enak dan menggoyang lidah akan saya jelas kan satu persatu,dan resep makanan dari penjuru daerah di indonesia ayo kita simak baik-baik sebagai berikut:

1.
Resep ayam rica-rica khas Manado

Bagi Anda penyuka masakan pedas, kali ini tabloid kuliner menghadirkan salah satu resep nusantara yang bercita rasa pedas. Ayam rica-rica merupakan salah satu resep masakan yang berasal dari daerah Minahasa atau yang biasa dikenal dengan nama Manado yang berada diwilayah Sulawesi Utara. Kata rica sendiri memiliki makna "pedas", oleh karenanya ayam rica-rica memang selalu di identikkan dengan masakan yang sangat pedas dan menggugah selera.
Pembuatan ayam rica-rica tidaklah sulit karena bumbu-bumbunya cukup sederhana dan mudah untuk didapatkan. Nah, jika Anda ingin mencoba membuat masakan ayam rica-rica khas Manado, maka tabloid kuliner Nusantara akan memberikan resepnya.
gayareza.blogspot.com
Bahan-bahan yang diperlukan:
1 ekor ayam ras kemudian dipotong-potong menjadi 20 bagian
2 sendok makan air perasan jeruk nipis dan juga 1 sendok teh garam
3 batang sereh yang di peprek atau dimemarkan
1 ruas jahe yang juga memarkan
5 lembar daun jeruk sebagai penambah aroma
200 ml kurang lebih 1 gelas air
5 sendok makan minyak goreng

Bumbu-bumbu yang dihaluskan:
25 cabai merah besar
35 cabai rawit merah
25 butir bawang merah
2 sendok teh garam

Proses pembuatan ayam rica-rica khas Manado:
- Potongan-potongan daging ayam dicuci dengan bersih kemudian disiram dengan air perasan jeruk nipis dan garam agar bau amisnya hilang kemudian di diamkan kurang lebih 10 menit.
- Goreng potongan-potongan ayam tadi hingga berwarna kecoklatan (setengah matang) kemudian tiriskan.
- Setelah itu kemudian panaskan sedikit minyak goreng dan tumis bumbu-bumbu yang tadi sudah dihaluskan hingga mengeluarkan aroma wangi.
- Kemudian masukan potongan-potongan ayam bersama dengan jahe, daun jeruk, dan serai dan tuangkan secara perlahan air.
- Masak hingga potongan-potongan ayam menjadi matang dan airnya menyusut. Angkat dan tiriskan kemudian sajikan selagi hangat.
Ayam rica-rica akan menjadi lebih nikmat apabila ditambahkan bawang goreng dan mentimun saat penyajian. Selamat mencoba resep ini.

2. Resep nasi uduk khas betawi

merupakan salah satu resep yang sudah begitu jamak untuk bisa didapatkan, terutama di Jakarta, tempat dimana nasi uduk pertama kali dibuat. Nasi uduk merupakan sebuah makanan yang berbahan dasar nasi putih yang biasanya disajikan bersama irisan telur, daun bawang, emping, ayam, dan lain sebagainya. Nasi uduk memiliki sedikit berbeda dengan nasi kebuli, hanya saja jika nasi kebuli menggunakan kaldu kambing saat ditanak, sedangkan nasi uduk menggunakan santan sehingga rasa yang dihasilkan pun menjadi gurih.
Setelah menulis resep ayam rica-rica khas Manado pada artikel sebelumnya, kini tabloid kuliner telah menyiapkan resep berikutnya, yaitu nasi uduk Jakarta. Dalam membuat nasi uduk sangatlah mudah dan lebih sederhana dan tidak memerlukan banyak alat-alat memasak sebab dalam pembuatan nasi uduk tidak ada bumbu-bumbu dihaluskan. Nah, bagi Anda pecinta nasi uduk yang ingin membuatnya sendiri, tabloid kuliner Nusantara sudah menyiapkan resep nasi uduk lengkap dengan bahan dan cara membuatnya, yaitu sebagai berikut:
www.gayareza.tk

Bahan-bahan nasi uduk Jakarta/Betawi:
450 gram beras putih dengan kualitas tidak terlalu pulen
450 ml santan dari 1 butir kelapa parut
7 biji cengkeh
6 cm kayu manis
1 biji pala yang telah dimemarkan
4 cm lengkuas yang telah dimemarkan
2 batang serai yang telah dimemarkan
1 ruas jahe yang telah dimemarkan
1/2 sendok teh garam

Cara membuat nasi uduk Jakarta/Betawi:
- Beras putih cuci dan bilas hingga bersih kemudian rendam didalam panci berisi air selama kurang lebih 1/2 jam lalu tiriskan dan dikukus selama kurang lebih 30 menit atau hingga menjadi setengah matang kemudian pisahkan.
- Didihkan santan dalam sebuah panci lalu masukkan bunga pala bersama kayu manis, cengkeh, pala, jahe, lengkuas dan sereh yang tadi sudah dimemarkan kemudian masukkan aronan tersebut secara perlahan. Sebagai indikator perbandingan yang proporsional, ketinggian santan berada kurang lebih 5 cm atau 1 ruas jari agar aronan benar-benar tanak. Proses ini biasanya memakan waktu dari 45 menit hingga 1 jam.
- Masak terus hingga santan mengering. Saat santan tinggal sedikit, gunakan api yang sedang agar nasi tidak gosong pada bagian bawahnya.
- Saat nasi uduk telah matang, sajikan saat masih hangat bersama bawang goreng, sambal kacang, emping, irisan telur dadar dan lain sebagainya sesuai selera. Sajikan untuk 7 orang.

Tips membuat nasi uduk:

Jika Anda merasa kesulitan untuk mendapatkan bumbu-bumbu lengkapnya, pembuatan nasi uduk juga bisa dilakukan hanya dengan bumbu-bumbu inti seperti serai, lengkuas dan santan kelapa.

3. Resep rendang daging sapi khas Padang
Jika Anda orang Indonesia, pastinya telah sangat mengenal produk khas yang satu ini, rendang Padang. Sesuai dengan namanya, masakan yang bahan utamanya daging sapi ini merupakan resep yang berasal dari kota Padang, Sumatera Barat. Selain tenar di negeri sendiri, resep masakan Indonesia ini juga telah diakui oleh dunia sebagai salah satu dari 10 masakan yang terlezat di dunia. Sebuah prestasi yang sungguh membanggakan bukan?.
Nah, bagi Anda yang gemar sekali dengan masakan ini dan ingin mencoba bagaimana cara membuatnya, maka pada kesempatan kali ini tabloid kuliner Nusantara akan memberikan tips serta informasi seputar cara membuat rendang daging sapi khas Padang yang terkenal pedas dan gurih. Cara pembuatan rendang ini bisa dikatakan tidaklah terlalu sulit, hanya saja memang proses pengerjaannya cukup memakan waktu karena berbahan daging yang pematangannya sedikit lebih lama.

Adapun bahan utama untuk membuat rendang Padang adalah sebagai berikut:
Persiapkan daging khas sapi yang telah dicuci bersih sebanyak kurang lebih 2 kilogram.
Kemudian persiapkan santan sebanyak kurang lebih 1 liter (santan perasan kental) dan 1 liter santan yang telah dicampur air.

Sedangkan bumbu-bumbu yang perlu dipersiapkan adalah sebagai berikut:
3 helai daun kunyit segar kemudian di ikat menjadi satu dalam bentuk simpul
4 helai daun jeruk purut sebagai sebagai peluntur bau amis daging
3 batang sereh yang telah dimemarkan
1 ruas asam asam gelugur atau kandis

Dan untuk bahan-bahan yang dihaluskan adalah sebagai berikut:
3 cm laos atau lengkuas
3 cm kunyit yang dibakar dan dibersihkan kulitnya
2 cm jahe yang dibakar dan dibersihkan kulitnya
150 gram cabe merah besar (lombok) atau sesuai selera
150 gram cabe merah keriting atau sesuai selera
15 siung bawang merah
6 siung bawang putih
5 butir kemiri
1/2 sendok makan ketumbar
1 sendok teh jinten yang masak tanpa minyak (sangrai)
1 sendok teh bubuk pala
2 sendok teh garam

Proses pengolahan rendang Padang:
Masukan secara perlahan santan cair ke dalam wajan dan campurkan bersama daun kunyit, asam, serai dan semua bumbu yang telah dihaluskan. Kemudian ratakan secara perlahan-lahan dengan cara diaduk-aduk.
Masak santan tersebut dengan api sedang sambil terus diaduk agar santan tidak sampai menempel pada bagian pinggir wajan (tidak pecah). Aduk adonan tersebut hingga merata selama kurang lebih 30 menit kemudian masukkan potongan daging sapi yang telah dibersihkan secara perlahan dan merata.
Terus aduk daging sapi tersebut dengan api sedang hingga santan mengeluarkan minyak dan daging sapinya matang luar dan dalam.
Angkat lalu sajikan dengan menggunakan piring berukuran besar.
Tips sederhana yang bisa Anda lakukan saat memasak rendang:
Gunakanlah santan murni hasil dari kelapa yang diperas, bukan dari santan instan karena santan sangat berpengaruh terhadap hasil masakan sebab minyak hasil dari santan yang mengering akan mempengaruhi rasa gurih serta kenikmatan khas rendang.
Selalu menggunakan daging yang fresh. Dan jangan memotongnya searah dengan urat daging karena daging akan sulit empuk. Potonglah daging dengan bentuk persegi yang melintang atau bersebrangan dengan arah urat. Agar daging tak mudah hancur, maka Anda bisa memotongnya dengan ukuran yang agak besar.
Agar daging tidak rentan hancur, Anda bisa mengangkat daging setelah matang dan memisahkan dengan bumbunya. Setelah bumbunya terasa telah agak mengering, maka Anda bisa mencampurnya kembali.
Demikianlah sedikit tips mengenai cara membuat rendang daging sapi khas Padang yang bisa Anda coba dirumah. Bagaimana menurut Anda, tidak sulit bukan untuk membuatnya?.

4. Resep soto ayam Lamongan 

adalah salah satu kuliner khas Indonesia yang begitu banyak digemari. Selain penampilannya yang sangat menggugah selera, rasa soto ayam Lamongan ini pun terkenal gurih dan lezat. Soto yang berasal dari Jawa Timur ini memiliki ciri yang khas, yaitu kuahnya yang berwarna kekuningan dengan limpahan potongan daging ayam yang sarat didalamnya.
Soto ayam Lamongan memang kerap dijumpai di berbagai sudut-sudut tempat jajanan, dari mulai jajanan di pinggir jalan hingga di areal jajanan di pusat perbelanjaan. Segmentasinya pun beragam, dari masyarakat kelas bawah, menengah hingga masyarakat kelas atas dengan harga yang bervariasi tentunya dari mulai 7000 hingga belasan ribu rupiah. Bagi Anda yang sangat menggemari kuliner ini, maka selain Anda bisa membelinya secara langsung di penjual-penjual terdekat, Anda juga bisa belajar untuk membuatnya sendiri.
Setelah beberapa waktu yang lalu majalah aneka resep masakan pernah menerbitkan artikel dengan judul resep soto Betawi susu santan, maka kali ini tabloid kuliner ingin memberikan salah satu resep yang juga bisa Anda pelajari, yaitu resep soto ayam Lamongan yang tentunya tak kalah sedapnya. Adapun untuk membuat resep ini ada beberapa bahan-bahan yang harus Anda persiapkan terlebih dahulu, berikut adalah ulasan selengkapnya.

Bahan-bahan utama soto Lamongan:
1 kilogram atau 1 ekor ayam yang dipotong menjadi 4 bagian yang besar
2000 cc atau 1 liter air
2 batang serai yang dimemarkan
8 lembar daun jeruk
1 sendok makan gula putih
1 sendok teh merica halus
1 1/2 sendok makan garam halus
4 sendok makan minyak goreng (menumis)
1/2 kilogram minyak goreng

Bumbu-bumbu yang dihaluskan:
8 butir bawang merah berukuran sedang
5 butir bawang putih 
1 ruas jempol jahe 
1 ruas jempol kunyit yang dibersihkan dan dibakar
4 butir kemiri yang disangrai (goreng tanpa minyak)

Bahan pelengkap lainnya:
75 gram soun (bihun) yang telah disiram air panas dan ditiriskan
2 butir telur yang sudah direbus
2 buah tomat yang dipotong melintang
1 batang seledri, potong-potong halus
Bawang goreng sesuai selera
Tauge dan kol sesuai selera
Ebi (udang kering) sesuai selera

Bahan untuk sambal soto (ditumbuk hingga halus):
15 buah cabai rawit merah 
6 buah cabai merah 
2 butir bawang putih 
3 butir bawang merah
1/4 sendok teh garam

Proses pembuatan soto ayam Lamongan:
- Siapkan panci, masukkan air dan potongan-potongan ayam lalu rebus.
- Siapkan wajan untuk menggoreng kemudian tuang minyak. Tumis bumbu-bumbu halus bersama hingga dengan daun jeruk dan serai hingga beraroma harum kemudian masukkan kedalam panci tempat merebus ayam.
- Campurkan merica, garam dan gula pasir dan terus rebus hingga ayam menjadi matang dan menghasilkan kuah kaldu.
- Setelah rebusan ayam telah matang, kemudian angkat dan tiriskan, sisihkan kuah kaldunya.
- Panaskan 1 liter minyak goreng dengan kompor kemudian goreng ayam sampai matang dan berwarna kecoklatan.
- Setelah ayam goreng matang, angkat kemudian tiriskan dan sayat-sayat halus potongan-potongan ayam dengan menggunakan pisau kemudian pisahkan di sebuah wadah.
- Siapkan mangkuk kemudian campurkan dengan suwiran-suwiran ayam, tambahkan pelengkap, sambal, ebi secukupnya (sesuai selera) kemudian tuangkan kuah kaldunya.
- Soto ayam Lamongan telah siap disantap.
Demikianlah resep soto ayam Lamongan yang dapat Anda coba sendiri dirumah. Secara teknis pembuatan soto ayam ini tidaklah terlalu sulit hanya saja memang memerlukan waktu yang cukup lama, yaitu berkisar 45 menit hingga 1 jam untuk proses perebusan ayam. Bagaimana, tidak sulit bukan untuk membuatnya.

nah itu adalah resep makan khas indonesia yang tidak kalah sama makan luar negeri.yang bisa anda buat sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang mudah di dapat di sekitar rumah.

Artikel Terkait

Seorang Pengangguran Yang Ingin Berkarya Dengan Cara Menulis Di Blog

10 komentar

Ahhhh malam-malam baca ini jadi pingin makan gan..

Iya gan sama-sama terima kasih juga atas kunjungannya

Bikin saja gan Bahan-bahannya juga cukup mudah di dapat

Bisa dicoba nih gan resep masakan yang luar biasa khas Indonesia

mantap gan ane pengen banget buat soto ayam Lamongan :D

ane pesan rendang padang ajalah hehe ... nice sob gudjob

Iya buat atuh gan mudah ini Bahan-bahannya.

Iya gan ngga susah-susah cari rumah makan padang bisa buat sendiri.

Puji syukur saya panjatkan kepada Allah yang telah mempertemukan saya dengan Mbah Rawa Gumpala dan melalui bantun pesugihan putih beliau yang sebar 5M inilah yang saya gunakan untuk membuka usaha selama ini,makanya saya sengaja memposting pesang sinkat ini biar semua orang tau kalau Mbah Rawa Gumpala bisa membantuh kita mengenai masalah ekonomi dengan bantuan pesugihan putihnya yang tampa tumbal karna saya juga tampa sengaja menemukan postingan orang diinternet jadi saya lansun menhubungi beliau dan dengan senang hati beliau mau membantuh saya,,jadi bagi teman teman yang mempunyai keluhan jangan anda ragu untuk menghubungi beliau di no 085-316-106-111 rasa senang ini tidak bisa diunkapkan dengan kata kata makanya saya menulis pesan ini biar semua orang tau,ini sebuah kisa nyata dari saya dan tidak ada rekayasa sedikit pun yang saya tulis ini,sekali lagi terimah kasih banyak ya Mbah dan insya allah suatu hari nanti saya akan berkunjun ke kediaman Mbah untuk silaturahmi.Wassalam dari saya ibu Sartika dan untuk lebih lenkapnya silahkan buka blok Mbah disini šŸ­Pesugihan Putih Tanpa TumbalšŸ­

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten. Komentar yang tidak diperbolehkan :
1. Berbau penghinaan SARA
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan
EmoticonEmoticon