Thursday, 27 April 2017

Tutorial Membuat Dan Menjalankan Macro Excel Untuk Pemula

Membuat macro untuk seorang pemula dapat di mulai dengan belajar mengisikan nama kita sendiri pada sel yang ada dalam excel. sebagaimana penjelasan sebelumnya bahwa macro di pergunakan untuk merekam sesuatu yang di gunakan berulang kali. Maka, Jida di dalam perusahaan di pergunakan kata yang sama berulang-ulang maka macro dapat di manfaatkan,dengan menyimpan beberaoa kata kunci.

Setiap langkah dalam macro harus di kerjakan secara detail tanpa meninggalkan satu langkah pun. Bahkan, Untuk urusan tulisan, Seperti koma atau titik harus di perhatikan. Detal pengerjaan yang baik akan membuat macro yang anda buat menjadi sempurna, Dan tentu saja hasil pekerjaan akan maksimal.

Berikut ini adalah langkah pembuatan macro sederhan untuk menuliskan nama dalam sel excel. Ingat sekali lagi bahwa langkahnya harus lengkap dan tidak boleh terlewatkan.

Pembuatan Macro Sederhana


1) Mengaktifkan Proggram Excel

Mulai dengan mengaktifkan program excel. Program excel akan terbuka kemudian letakan kursor pada sel A1. Setiap kali pembuatan awal macro, maka umumnya penempatan kursor adalah di area ini.

2) Mengaktifkan Developer Ribbon

Pilih tab developer untuk mengaktifkan developer ribbon. Lalu pilih record macro pada developer ribon untuk memulai perekaman macro. Cara lainnya pilih tab view, kemudian pilih macro yang terletak di bagian kanan atas ribbon selajutnya record macro.

Setelah anda memilih record macro, akan muncul kotak dialog record macro seperti gambar di bawah ini.

Setelah anda memilih record macro, akan muncul kotak dialog record macro seperti gambar di bawah ini

  1. Pada macro name isikan judul macro yang di buat yaitu NAMA1,tanpa sepasi. Dalam pemberian nama macro harus tanpa sepasi.
  2. Selanjutnya dalam field shortcut key, di sebelah ctrl tulisan N. Arti dari pengisian ini adalah saat ingin menggunakan macro yang anda buat, Maka shortcut key-nya adala ctrl+shift+n. Bisa diisi tombol yang lain dengan fungsi yang sama.
  3. Dalam field store macro ini pilih tombol drop down, Kemudian pilih personal macro workbook. Pilihan di maksudkan agar macro yang di buat dapat di buka dalam bermacam spreadsheet excel atau universal. Dua pilihan lainnya hanya dapat di buka dalam workbook tertentu dalam excel, Tidak bisa untuk semua jenis workbook.
  4. Dalam bagian description isikan tentang deskripsi macro yang anda buat. Isinya dapat berupa tanggal atau waktu-waktu penggunaan macro atau cara memfungsikannya.
  5. Jika telah lengkap di isikan semuanya maka silakan anda tekan ok. Macro akan merekam setiap aktivitas yang anda lakukan di dalam excel.
  6. Kembali pada wordbook excel yang akan di rekam. Tuliskan nama anda dalam sel A1. Saya akan menuliskan nama " Reza Blog " dalam sel A1. Penulisan dalam sel ini kembali seperti aturan semula, Artinya dapat menggunakan spasi atau bentuk aturan penulisan umum lainnya.
  7. Tekan enter setelah memasukan nama anda. Kursor pun akan berpindah ke bawah sel A2.
Setelah anda menyelesaikan tugas anda di dalam excel anda harus mengakhiri perekaman macro tersebut. Untuk mengahkiri perekaman macro silakan anda pilih stop recording yang ada pada developer ribbon. Penghentian perekaman macro juga dapat di lakukan melalui layar excel bagian kiri bawah.



BACA JUGA : Inilah 2 Cara Mengaktifkan Macro Dalam Excel

Mungkin penjelasa membuat dan menjalankan macro cukup sampai disini terima kasih atas kunjungan anda kalau penjelasan di atas kurang anda pahami silakan berkomentar di bawah.

Artikel Terkait

Seorang Pengangguran Yang Ingin Berkarya Dengan Cara Menulis Di Blog

1 komentar so far

This comment has been removed by the author.

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten. Komentar yang tidak diperbolehkan :
1. Berbau penghinaan SARA
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan
EmoticonEmoticon