Wednesday, 19 April 2017

Inilah 2 Cara Mengaktifkan Macro Dalam Excel

Untuk mengaktifkan macro dalam excel mempunyai 2 cara yang bisa di bilang mudah untuk yang sudah memahaminya. Tetapi untuk pemula pasti kebingungan bagai mana untuk menghidupkan macro dalam excel ? Jangan khawatir karena saya akan menjelaskan 2 cara mengaktifkan macro dalam excel. Sebelum ke tutorial Cara mengaktifkan macro dalam excel anda harus mengetahui apa itu macro excel ? macro excel adalah salah satu fasilitas dari microsoft excel, Yang berguna menangani pekerjaan yang panjang, Serta cukup kompleks.

Untuk mengaktifkan macro dalam excel mempunyai 2 cara


Mengaktifkan Macro Dalam Excel


Untuk mengaktifkannya anda bisa memilih dengan 2 cara yaitu.
1) Lewat message bar
2) Lewat menu file
Langkah-langkah untuk mengaktifkan macro dalam excel pun sangat mudah dan bisa di lakukan siapa saja. Dan tidak usah basa-basi lagi langsung saja kita praktekan tutorial mengaktifkan macro dalam excel sekarang juga silakan anda simak baik-baik.

Mengaktifkan Macro Dalam Excel Lewat Message Bar


ketika anda memulai membuka dokumen yang berisi macro, Maka anda akan menemukan tampilan mesagger bar yang berwarna kuning. Tampilan tersebut adalah peringatan untuk anda kalau dokumen yang anda buka aman atau tidak. Jika anda percaya bahwa dokumen macro yang di buka cukup aman silakan anda pilih tulisan Enable Content, Selanjutnya dokumen excel yang berisi macro akan terbuka dengan aman.

Tetapi anda harus mengingat untuk memulai membuka dokumen macro anda harus memastikan bahwa dokumen tersebut terpercaya, Sebab mungking dokumen macro akan berubah menjadi virus yang berbahaya bagi komputer anda. Hal ini tentunya tidak berlaku jika dokumen yang dibuka adalah milik pribadi dan anda pembuatnya sendiri.

Mengaktifkan Macro Dalam Excel Lewat Menu File


Pada saat membuka dokumen, message bar akan muncul sebagaimana sebelumnya, untuk mengaktifkan macro lakukanlah langkah berikut.
  • Pilih menu file lalu cari tulisan Info dan silakan anda klik
  • Kemudia akan muncul security warning dan silakan anda pilih enable contents selanjutnya pilih menu drop down
  • Setelah anda memilih menu drop down lalu silakan cari enable all content lalu klik, Setelaha anda sudah mengikuti cara sebelumnya selanjutnya pilih always enable this document's active content
  • Setelah anda mengikuti langkah-langkah tersebut dokumen macro anda sudah bisa anda buka.

Dan itu lah 2 cara untuk mengaktifkan macro dalam excel yang mungkin bisa membantu anda. Terima kasih atas kunjungan anda kalau ada penjelasan yang kurang paham silakan berkomentar di bawah.

Artikel Terkait

Seorang Pengangguran Yang Ingin Berkarya Dengan Cara Menulis Di Blog

2 komentar

Di antara sek8an banyak progra, microsoft saya paling males klonurusan sama excel ini. Upss. Tapi infonya menarik mas. Noted.

Hehe iya mba terima kasih atas kunjungannya

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten. Komentar yang tidak diperbolehkan :
1. Berbau penghinaan SARA
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan
EmoticonEmoticon