Friday, 20 January 2017

3 tempat traveling di daerah Indramayu

Tags

saya akan memberitahukan tentang tempat traveling di daerah Indramayu Jawa Barat, siapa yang tidak tahu tentang Indramayu?  Yahh pasti anda tahu Indramayu karena terkenal dengan mangganya karena itu Indramayu di sebut dengan nama kota mangga. Ini dia tempat-tempat yang kamu harus datangi Kalau datang di Indramayu tidak kalah dengan kota kota lain deh ok ok sudah ngga sabar langsung saja kita simak:

1. Wisata Pantai Glayem Indramayu


Salah satu pantai yang ada di wilayah Kecamatan Juntinyunyat adalah Pantai Glayem. Pantai itu dahulu adalah pelabuhan yang biasa disinggahi oleh nelayan setempat.Bahkan ada kepercayaan masyarakat setempat yang unik. Menurut kepercayaan itu nelayan yang singgah di pelabuhan itu ikan hasil tangkapannya akan lebih laris. Selain itu rasa  ikannya juga lebih enak.
Pantai Glayem berada di Desa/Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Lokasinya sekitar 15 kilometer dari pusat Kota Indramayu atau 35 kilometer dari Kota Cirebon. Tidak sulit menemukan objek wisata yang mulai dibuka pada tahun 2004 silam ini. Lokasinya hanya 500 meter dari jalur utama Cirebon-Indramayu. Jika menggunakan angkutan umum, pengunjung dari Cirebon cukup menumpang angkutan elf jurusan Cirebon-Indramayu dengan tarif Rp7000 dan waktu tempuh sekitar 35-45 menit.



Sejak dibuka 10 tahun lalu, pengunjung Pantai Glayem saat ini meningkat pesat. Jumlah pengunjung per minggunya mencapai 1000-an orang. Jumlah tersebut meningkat pesat saat musim libur sekolah dan hari-hari besar seperti Lebaran dan Tahun Baru. Tiket masuk yang cukup murah, hanya Rp5000/orang, menjadi salah satu daya tarik banyaknya wisatawan berkunjung ke Pantai Glayem.
Selain itu, pengunjung juga bisa berkeliling Pantai Glayem menggunakan perahu bermotor dengan kapasitas 10-15 orang yang disewakan dengan tarif Rp5000/orang. Riak ombaknya yang tidak terlalu besar pun membuat pengunjung nyaman untuk berenang. Bagi pengunjung yang tidak bisa berenang atau anak-anak, disediakan juga penyewaan ban dengan tarif Rp2000-Rp5000/jam.
Di pantai Glayem terdapat rumah makan yang terkenal yaitu Perdut yg menyajikan sajian seafood dan ikan bakar dengan cita rasa yang menggoda. Selain itu ada juga warung-warung yang menyediakan makanan yang lain seperti bakso, mi ayam dan aneka cemilan-cemilan. Bagi anda pecinta kopi di warung-warung penjual makanan bisanya juga menyediakan kopi.


Pada saat libur pnjang biasanya ada acara panggung hiburan,yang biasanya diisi oleh artis-artis Pantura yang sudah terkenal. Para pengunjung di pantai Glayem bukan hanya dari wilayah Juntinyuat tapi dari wilayah tiga Cirebon. Yang dimaksud wilayah tiga itu adalah Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan. Selain disebut sebagai daerah wilayah tiga ada juga sebutan yang lain yaitu wilayah Ciayumajakuning.

2. Taman Cimanuk


Taman Cimanuk atau Taman Kota Indramayu merupakan ikon wisata baru Kabupaten Indramayu. Lokasi Taman Cimanuk berada pinggiran sungai Cimanuk tepat di belakang masjid agung Indramayu atau di bawah Jembatan utama dekat Pendopo, Jalan Veteran Indramayu.

Taman Cimanuk biasanya ramai dikunjungi oleh masyarakat Indramayu pada akhir pekan atau hari libur. Pengunjungnya mulai dari anak-anak hingga orang tua. Taman Kota Indramayu juga menjadi alternatif menarik untuk tempat ngabuburit.

Menariknya, Taman Cimanuk juga dilengkapi dengan sampan yang terbuat dari bambu, namun sayang sekali sampan ini hanya berupa hiasan sehingga tidak bisa digunakan untuk mengitari sungai Cimanuk. Namun Anda tidak perlu kecewa, karena masih banyak pilihan aktifitas yang bisa dilakukan di sini.




Di Taman Cimanuk kita bisa duduk-duduk santai sambil menikmati makanan atau minuman yang dijual di pinggir jalan, membaca buku, ngobrol atau foto bareng dengan orang-orang tercinta.

Selain menambah kecantikan kota, Taman Cimanuk juga memberikan ruang terbuka hijau yang baik untuk memperlambat pemanasan global. Jika dilihat dari fasilitas dan penataan taman kota yang sudah berdiri, Taman Cimanuk dibuat untuk beberapa fungsi, yaitu ruang untuk pedagang berjualan terletak di sebelah kanan, di sebelah kananya lagi dibangun taman bermain khusus untuk anak-anak, sedangkan di sisi kiri jembatan dibangun untuk tempat bersantai.

Taman Cimanuk di sisi kiri banyak ditanami pohon dan rerumputan hijau, terdapat tempat duduk yang berkapasitas untuk 2-3 orang dan tempat duduk untuk banyak orang. Disediakan banyak tempat sampah untuk menjaga lingkungan agar tetap bersih.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi Taman Cimanuk adalah saat pagi dan sore hari. Di pagi hari suasana di Taman Ciamanuk ini sangat sejuk, namun menjelang siang udara terasa panas karena pepohonan yang ada masih kecil belum bisa digunakan untuk tempat berteduh.

Waktu terbaik yang disukai para pengunjung adalah sore hari karena matahari sudah tidak terik lagi, di bulan Ramadhan taman kota Indramayu ini memang sangat cocok untuk menjadi tempat ngabuburit. Sedangkan di waktu malam tempat ini masih belum difungsikan sebagai tempat bersantai.

Destinasi wisata dengan nama Taman Cimanuk atau Cimanuk Park itu digarap secara serius dengan menghabiskan anggaran Pemkab Indramayu senilai puluhan milar rupiah.

Konsep dan perencanaan yang ditata apik Dinas PU Cipta Karya itu, kondisinya saat ini sudah mulai ramai dikunjungi masyarakat dari berbagai kalangan, baik seniman, profesional, fotografer maupun pelajar. Bantaran kali Cimanuk kini telah disulap menjadi pusat hiburan dan rekreasi masyarakat.

Kondisi yang ada saat ini Cimanuk Park sudah dikunjungi ratusan masyarakat untuk saling berbagi. Termasuk dapat dijadikan sebagai penunjang syuting dan agenda kumpul bareng kawan dan keluarga.

3.  Karangsong


adalah tempat wisata di Indramayu yang menyuguhkan panorama alam eksotis dan pengalaman wisata yang berkesan. Menelusuri hutan mangrove di Pantai Karangsong menjadi pilihan liburan seru di Indramayu.

Pantai Karangsong mempunyai ombak yang tenang namun berpasir cokelat bercampur lumpur sehingga kurang cocok untuk aktifitas snorkeling atau diving. Aktifitas wisata yang bisa dilakukan di Pantai Karangsong adalah menelusuri keindahan hutan bakau dan memancing.

Bila ingin bemain snorkeling atau diving, Anda bisa pergi ke pulau Biawak yang berjarak sekitar 40 kilometer dari Pantai Karangsong dengan menyewa perahu nelayan. Pulau Biawak memiliki pasir pantai yang bersih, air laut yang jernih serta pemandangan bawah laut yang luar biasa.

Pantai Karangsong terletak di Desa Karangsong, Kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat. Selain menyuguhkan pemandangan laut yang menghampar luas, Pantai Karangsong juga menawarkan atraksi wisata seru yakni berkeliling hutan mangrove (bakau) yang tumbuh subur di sekitar pesisir pantai.

Pantai ini menjadi kawasan ekowisata didukung oleh Pertamina sejak tahun 2010. Belakangan ini, Pantai Karangsong mampu menjadi magnet yang menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Indramayu. Wisatawan yang datang dapat menikmati keindahan alam laut dan mengelilingi indahnya hutan mangrove dengan menggunakan perahu kecil sambil selfi ria.


Ada dua cara menikmati keindahan hutan mangrove di Pantai Karangsong. Pertama dengan berjalan kaki melewati jembatan kayu, kedua dengan menggunakan perahu kecil, melintasi sungai kecil yang di kiri kanannya tertata rapi pohon mangrove yang senantiasa berdiri kokoh walaupun diterjak ombak.



Menurut informasi yang LifeStyle Indonesia peroleh dari Google, kawasan hutan mangrove di Pantai Karangsong merupakan hutan mangrove terbesar di Indramayu.

Hutan mangrove berfungsi melindungi pantai agar tidak terjadi abrasi akibat hantaman ombak laut yang terus mengikis bibir pantai. Selain itu, hutan mangrove juga dapat mempercantik pemandangan alam di lokasi pantai, lebih cantik daripada dilindungi oleh tembok beton. Sehingga dapat menjadi objek wisata primadona yang selalu diburu wisatawan dari berbagai daerah.

Di samping itu, keberadaan hutan mangrove di Pantai Karangsong juga dapat meningkatkan tarap hidup penduduk setempat. Warga yang tinggal di sekitar Pantai Karangsong jadi punya profesi baru, salah satunya adalah jasa ojek perahu. Tarif ojek perahu nelayan ini cukup terjangkau, yakni hanya Rp. 10.000 per orang. Dengan biaya sewa semurah itu, kita akan dibawa menyusuri indahnya hutan bakau di Pantai Karangsong Indramayu.

Rute Perjalanan Menuju Pantai Karangsong Indramayu
Untuk sampai di Pantai Karangsong Indramayu, dari bunderan kijang Indramayu arahkan kendaraan menuju utara ke arah desa Karangsong. Ikuti jalan yang menuju Desa karangsong hingga ke ujung sekali hingga menemukan gapura bertuliskan “Selamat Datang di Wisata Pantai Song Indah Desa Karangsong”.

Nah ituh adalah tempat traveling di daerah daerah Indramayu Jawa Barat ngga kalah dengan kota kota lain deh sekian ulasan dari LifeStyle Indonesia  tentang tempat traveling di di daerah Indramayu Jawa Barat.






Artikel Terkait

Seorang Pengangguran Yang Ingin Berkarya Dengan Cara Menulis Di Blog

3 komentar

Pantai Glayem itu bukan pantai yang berpasir ya gan?

Indonesia memang tidak kalah indah dengan luar negeri gan masalah pariwisata

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten. Komentar yang tidak diperbolehkan :
1. Berbau penghinaan SARA
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan
EmoticonEmoticon