Inilah Fungsi Dan Kelebihan Dari Macro Excel Untuk Pemula

Sebelum kita mengetahui apa fungsi dari dari macro excel dan kelebihannya kita harus mengenal apa itu macro excel. Macro excel adalah salah satu fasilitas dari microsoft excel, Yang berguna menangani pekerjaan yang panjang, Serta cukup kompleks. Macro excel bekerja dengan cara membuat perintah atau merekam perintah berupa kode dengan menggunakan bahasa VBA. Keunggulan dari macro excel membuat pekerjaan kita menjadi ringkas. Dan mungkin untuk anda yang pemula belum mengetahui keistimewaan macro excel tersebut dan jangan khawati nanti saya akan memberi tahu kan beberapa kelebihan dari macro excel. Fungsi dalam macro excel dapat di buat sendiri berdasarkan kebutuhan. Membuat fungsi macro excel tentunya menggunakan bahasa VBA. Berikut adalah contoh fungsi dari macro excel.


Fungsi dalam macro excel dapat di buat sendiri berdasarkan kebutuhan

Fungsi Dalam Macro Excel


Fungsi-fungsi dalam macro dapat dibuat sendiri berdasarkan kebutuhan anda. Sehingga jumlahnya pun sangat banyak dan beragam-ragam. Membuat fungsi dalam macro excel tentunya menggunakan bahasa VBN, Dan inilah beberapa bahasa VBN untuk pemula.

1. Membuat Fungsi Auto Run


Fungsi auto run ini bisa untuk membuat " Selamat Datang " waktu anda membuka workbook dan akan muncul dengan sendirinya kata tersebut. Dan inilah bahasa VBA untuk membuat auto run.

Sub auto_open ( )
Msgbox "selamat datang"
End Sub
Private sub workbook_open ( )
Msgbox "selamat datang"
End sub

Di atas adalah bahasa VBA fungsinya untuk meringkas pekerjaan anda, ketika anda membuka workbook akan muncul kata "Selamat Datang"

2. Mengahitung Rows, column dan sheet


Sub Hitung ( )
hitung_baris = Selection.Rows.Count
hitung_kolom = Selection.Columns.Count
Msgboxhitung_baris& " " &hitung_kolom
End Sub
Sub hitung_sheet ( )
hitung_sheet = application.sheets.count
Msgboxhitung_sheet

End Sub

3. Menyalin Range


Sub Kopi_Range ( )
Range ("A1:A3") .Copy Destination: = Range ("D1:D3")
End Sub

Selain fungsi tersebut, Masih banyak fungsi yang bisa anda buat sendiri

Dan itulah beberapa fungsi dari macro excel dan udah saya kasih beberapa bahasa VBN. Dan langsung saja ke pembahasan kelebihan dari macro excel langsung aja anda simak sebagai berikut:


Kelebihan Pada Macro Excel


Kelebihan macro excel di pergunakan dalam pebuatan data base atau pengerjaan suatu tugas yang berulang dan kompleks. Dan ini lah beberapa kelebihan pada macro excel dan mengapa macro excel banyak di gunakan.
  • Macro excel mampu membuat aplikasi excel secara sempurna
  • Macro cukup fleksibel, Di gunakan untuk beragam keperluan yang menyesuaikan kebutuhan pemakaiannya
  • Bekerja dengan macro excel membuat pekerjaan terotomatisasi dan ringkas, sehingga dapat menciptakan efisiensi dan efektivitasi.
Dan di atas sudah saya kasih tahu apa saja fungsi dan kelebihan dari macro excel. Terima kasih atas kunjungan anda, kalau penjelasan di atas tidak di mengerti silakan komentar di bawah.

0 Response to "Inilah Fungsi Dan Kelebihan Dari Macro Excel Untuk Pemula"